fbpx
Skip links

Kenali Tugas dan Wewenang dari Kementerian Kebudayaan

Sebagai warna Indonesia, tentu sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk memahami dan mengetahui peran dan fungsi dari masing-masing kementerian. Salah satunya adalah kementerian kebudayaan dan pendidikan. Kemdikbud ini memiliki peran yang sangat penting dalam tatanan masyarakat, terlebih untuk menangani berbagai macam urusan di bidang pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak sekali budaya yang perlu dijaga dan juga dilestarikan. Kebudayaan tak hanya perlu kita kenal saja, tapi juga harus diperlihatkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal tersebut akan menunjukkan potensi budaya yang tinggi kepada semua masyarakat, terlebih generasi mudah. Sehingga mereka akan mengenalnya dengan baik.

Selain kebudayaan, Indonesia juga perlu adanya transformasi pendidikan guna mengembangkan lagi sistem pendidikan yang ada di negara ini. Seperti yang kita pahami bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk manusia. Oleh karena itu, inovasi dalam pendidikan perlu dilakukan secara berkala.

Cakupan Kementerian Kebudayaan

Kementerian kebudayaan dan juga pendidikan adalah salah satu kementerian yang menangani berbagai urusan di bidang pengolahan budaya dan juga di bidang pendidikan. Di dalamnya dipimpin oleh Menteri atau Mendikbud yang ada di bawah tanggung jawab Presiden.

Kementerian kebudayaan ini bertanggung jawab terhadap pengolahan kebudayaan yang ada di Indonesia. Dalam hal tersebut, Kemendikbud harus melakukan pengembangan dan pembinaan terhadap budaya Nusantara kepada masyarakat secara luas, baik itu sastra ataupun bahasa. Tentunya, kementerian ini tidak akan lepas dari unsur pendidikan dan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Sementara itu, cakupan Kemendikbud ini ada di dunia pendidikan, baik itu pendidikan usia dini, sekolah dasar, sampai pendidikan yang ada di perguruan tinggi. Walaupun demikian, kemendikbud ikut berperan aktif bersama Presiden dalam menyelenggarakan urusan pemerintah yang ada di Negara Indonesia.

Tugas dan Wewenang Kemendikbud

Berikut ini adalah beberapa tugas dan juga wewenang dari Kemendikbud yang perlu Anda pahami, antara lain:

  1. Bertugas untuk merumuskan dan juga menetapkan kebijakan pendidikan dari mulai pendidikan usia dini sampai perguruan tinggi.
  2. Merumuskan dan menetapkan kebijakan tenaga kependidikan, baik itu guru, dosen, tenaga pengajar, ataupun dosen.
  3. Menetapkan kebijakan pengendalian formasi pendidik, pemindahan pendidik lintas daerah, dan juga mengembangkan karir pendidik.
  4. Melaksanakan kebijakan yang ada di dalam bidang pendidikan di perguruan tinggi ataupun vokasi.
  5. Penetapan standar nasional pendidikan formal dan juga non formal di Indonesia.
  6. Pelaksanaan pengembangan dan juga penelitian kepada tenaga kependidikan di berbagai jenjang pendidikan.
  7. Pelaksanaan fasilitas dan juga kebutuhan yang ada di dunia pendidikan serta pengelolaan kebudayaan.
  8. Melaksanakan kebijakan dalam pelestarian lingkungan serta cagar budaya guna menjaga dan memajukan kebudayaan Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai tugas dan juga wewenang dari Kementerian Kebudayaan dan juga Pendidikan yang perlu dipahami.

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag