fbpx
Skip links

Bingung Mau Pilih yang Mana? Yuk Kenali Perbedaan Pendidikan IPS Dan IPA

Dari dulu hingga sekarang, perdebatan mengenai pendidikan IPA dan IPS masih sering terjadi. Salah satu yang kerap menjadi perdebatan adalah jurusan manakah yang paling baik? Perdebatan tersebut hanya akan membuat Anda yang sedang ingin menentukan jurusan merasa kebingungan.

Padahal pada kenyataannya, baik itu jurusan IPA ataupun IPS, mereka akan mempunyai kemampuan yang setara, tergantung dari diri Anda sendiri. Dimana Anda ingin menentukan menjadi pelajar yang seperti apa, bagaimana proses belajarnya, dan lain sebagainya. Sehingga, tidak ada jurusan yang terbaik ataupun yang lebih baik. Pendidikan IPA dan IPS memiliki keunggulannya masing-masing.

Perbedaan Pendidikan IPA dan IPS

Di hampir semua Sekolah Menengah Atas atau SMA, biasanya ada 2 penjurusan yaitu IPA dan IPS. Akan tetapi, seiring dengan adanya transformasi pendidikan, sekarang ini kita mengenalnya dengan sebutan jurusan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) serta ISS (Ilmu-ilmu Sosial). Walaupun berubah nama, namun ilmu yang diajarkan masih sama seperti dulu.

Pembagian jurusan ini didasarkan pada perbedaan latar belakang ilmu dari masing-masing jurusan. Selain itu, alasan utama dari adanya pembagian jurusan ini yaitu supaya siswa lebih fokus dalam mempelajari dan mendalami ilmu. Berikut ini adalah beberapa materi pokok yang dipelajari di jurusan IPA:

  1. Ilmu Fisika

Anda akan belajar mengenai sifat dan juga gejala benda mati yang ada di alam, seperti misalnya energi, gelombang, muatan, dan lainya.

  1. Matematika

Ilmu matematika ini terdiri dari matematika murni dan terapan. Matematika murni adalah bidang khusus yang mempelajari tentang perkembangan matematika. Sementara untuk matematika terapan adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang penggunaan matematika di bidang lain.

  1. Ilmu Biologi

Disini Anda akan mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan makhluk hidup.

  1. Ilmu Kimia

Disini Anda akan belajar mengenai struktur, susunan, sifat-sifat, dan juga perubahan pada suatu materi yang seringkali kita sebut sebagai reaksi kimia.

Selanjutnya adalah beberapa materi pokok yang ada di dalam jurusan IPS:

  1. Ilmu Ekonomi

Anda akan belajar tentang pembangunan ekonomi, APBD, APBN, pasar modal, dan juga sistem ekonomi secara umum.

  1. Ilmu Geografi

Disini Anda akan belajar tentang bumi dan isinya. Mulai dari hakikat keilmuan geografi, tata surya, bumi, tanah, batuan, dan juga cuaca serta iklim.

  1. Ilmu Sejarah

Anda akan belajar mengenai sejarah kehidupan di masa lampau.

  1. Ilmu Sosiologi

Anda akan belajar tentang ilmu kemasyarakatan, mulai dari konsep dasar sosiologi, nilai dan norma, sosialisasi, dan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai apa saja perbedaan pendidikan IPA dan IPS yang perlu dipahami. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag