fbpx
Skip links

Tidak Hanya Pengajar, 3 Profesi ini Dapat Dilakukan oleh Lulusan Pendidikan Kimia

3 Profesi ini Dapat Dilakukan oleh Lulusan Pendidikan Kimia

Salah satu jurusan favorit pada masa kini adalah Pendidikan Kimia. Sesuai namanya, Pendidikan Kimia adalah sebuah program studi dari Fakultas Pendidikan yang mempelajari mengenai pembelajaran dan  pengajaran mata pelajaran Kimia dari seluruh tingkat Pendidikan, mulai dari SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Jurusan Pendidikan Kimia berbeda dengan dua temannya yang lain, Kimia, dan Teknik Kimia walaupun sama-sama mempelajari mengenai Kimia.

Yang namanya Kimia, pasti anda harus berkecimpung dalam praktik laboratorium, mempelajari bahan-bahan kimia, unsur dan senyawa kimia berbeda, dan bagaimana penggunaannya sehari-hari. Bedanya pada jurusan Kimia hanya mempelajari tentang Kimia itu sendiri, kalau Teknik Kimia lebih fokus kepada bahan Kimia yang digunakan dalam bioproses, dan Pendidikan Kimia fokus kepada penyaluran informasi mengenai Kimia dengan metode pengajaran yang mudah dipahami.

Jurusan Pendidikan Kimia mempelajari tentang materi Kimia dan juga metode pembelajaran yang efektif. Namun anda tak melulu harus berkarir sebagai pengajar, sebagai guru SMA, SMK atau Dosen. Transformasi Pendidikan masa kini dipadu dengan terbukanya kesempatan mahasiswa menjajal ilmu dari lintas bidang ilmu membuat mahasiswa semakin kreatif dan inovatif dalam melihat peluang. Berikut prospek kerja Pendidikan Kimia yang dapat menjadi pertimbangan.

  1. Karyawan bidang Quality Control dan pengembangan

Berbagai perusahaan industri seperti kecantikan, konsumsi, hingga pertanian pasti memerlukan kedua divisi ini untuk mengembangkan produk yang dihasilkan. Sektor industri melakukan pengolahan bahan baku menjadi barang jadi untuk dinikmati konsumen perlu pengembangan dan pengecekan kualitas sebelum sampai ke tangan konsumen. Jurusan Pendidikan Kimia yang telah mempelajari seluk beluk mengenai unsur Kimia dapat berkarir dalam bidang ini. Selain itu pembelajaran mengenai Pendidikan dapat menjadi nilai tambah lulusan.

  1. Penulis mengenai Pendidikan Kimia 

Bagi lulusan Pendidikan Kimia yang tidak terlalu nyaman untuk berbicara di depan umum bisa memilih karir satu ini. Apabila ilmu yang anda pelajari tidak dapat disampaikan melalui lisan, mungkin tulisan dapat menjadi solusinya. Walaupun sama-sama membahas tentang Kimia, dengan ilmu Pendidikan yang anda peroleh, anda bisa menuliskannya dengan kalimat yang lebih gampang dipahami untuk pembaca.  Banyak jenis tulisan yang bisa dihasilkan, mulai dari artikel, jurnal, hingga buku.

  1. Wirausaha

Anda memiliki ide-ide kreatif untuk dikembangkan menjadi usaha? Bisa memanfaatkan ilmu Pendidikan Kimia yang dipelajari untuk menjadi dasar sebelum membuat usaha. Kimia fleksibel dengan segala bidang ilmu lainnya, Kimia dipadukan dengan Farmasi, anda dapat membuat usaha obat-obatan, atau kecantikan. Kimia dipadukan dengan Pertanian, usaha pupuk dan pestisida dapat menjadi pilihan menarik.

Banyak lagi prospek kerja Pendidikan Kimia yang dapat dijadikan lahan karir, asalkan anda berpikir kreatif dan inovatif.

Tags: prospek kerja pendidikan kimia, jurusan pendidikan kimia, Pendidikan kimia, lulusan Pendidikan kimia, transformasi Pendidikan.

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag