fbpx
Skip links

5 Platform Pendidikan Penyelamat di Kala Pandemi

Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia dan melumpuhkan banyak sekali sektor, salah satunya sektor pendidikan. Hal ini membuat pemerintah menerapkan pembelajaran daring dari rumah untuk mengurangi interaksi langsung.

5 Platform Pendidikan Penyelamat di Kala Pandemi

Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia dan melumpuhkan banyak sekali sektor, salah satunya sektor pendidikan. Sekolah tatap muka tidak dapat dilakukan lebih dari 2 tahun lamanya. Hal ini membuat pemerintah khususnya KementrianPendidikan menerapkan pembelajaran daring dari rumah untuk mengurangi interaksi langsung antara peserta didik dan guru.

Pembelajaran yang mulanya berpusat di sekolah, tidak lagi bisa dilakukan. Anak-anak harus belajar dari rumah dengan memanfaatkan internet dengan pendampingan dari orang tua masing-masing.

Platform Pendidikan Online

Pemanfaatan berbagai macam platform online bisa dikatakan sebagai fasilitas yang dapat digunakan secara fleksibel, salah satunya untuk pendidikan. Berbagai platform pendidikan tentunya sudah sangat dikenal didunia pendidikan sekarang, baik yang berbayar maupun yang gratis.  Tergantung mana yang guru pilih, dilihat dari efisiensi penggunaannya.

Berikut ini adalah beberapa platform pendidikan online yang dapat guru dan peserta didik manfaatkan:

  1. Rumah Belajar

Rumah belajar adalah aplikasi pembelajaran jarak jauh milik Kemendikbud yang berbasis portal dan android. Rumah Belajar hadir sebagai  inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dan guru PAUD, SD, SMP, dan SMA/ SMK. Di aplikasi rumah belajar, guru dan peserta didik dapat menyimak berbagai video tentang materi pembelajaran.

  1. Sekolahkita.net

Platform Edukasi sekolahkita.net adalah salah satu platform untuk pembelajaran yang berbayar namun solutif bagi sekolah kecil yang berada di kota maupun pinggiran. Sudah sangat banyak inovasi yang dilakukan oleh sekolahkita.net , salah satunya adalah pembahasan materi  lewat aplikasi,penugasan, presensi siswa,jurnal guru mengajar , pembayaran , sosial media internal sekolah dan masih banyak lagi. Selain itu platfom ini cukup dengan mengingat 1 akun untuk akses semua fitur sehingga tidak membingungkan guru dan siswa. Pada aplikasi ini tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran dengan kurikulum nasional, yang dipandu oleh guru dari sekolah itu sendiri. Secara udah sekolahkita.net menjembatani sekolah/lembaga pendidikan yang seolah punya aplikasi sendiri seperti ruang guru dengan branding sekolah sendiri

  1. Google Suite for Education

Aplikasi ini banyak dipakai oleh sekolah dan pendidik karena tidak berbayar. Salah satu yang sering dipakai adalah Google Classroom, dimana guru bisa membuat “kelas” yang diikuti oleh para peserta didiknya. Guru juga bisa melakukan percakapan tertulis, memberikan tugas, memberikan penilaian, dan melakukan streaming video.

  1. Kelas Pintar

Aplikasi Kelas Pintar dapat diakses secara gratis selama sebulan untuk guru dan peserta didik di seluruh Indonesia. Kelas pintar menyediakan beragam materi untuk para peserta didik. Terdapat fitur assesment yang memungkinkan guru dapat berinteraksi dengan peserta didik secara online.

  1. Quipper School

Quipper School merupakan platform sekolah digital gratis dan merupakan platform merdeka belajar. Melalui Quipper School, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai peserta didik secara online. Sementara untuk peserta didik, mereka dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara online dengan mudah.

Dari berbagai platform pendidikan ini peserta didik dan guru dapat berinteraksi tanpa tatap muka secara langsung. Guru dapat membagikan materi berupa tulisan maupun video pada peserta didik agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Tags: pendidikan, pendidikan online, platform pendidikan

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag