fbpx
Skip links

Mengenal E-Learning Sekolah dan Rekomendasi Web E Learning!

E learning sekolah merupakan sistem belajar dengan memanfaatkan teknologi salah satunya menggunakan media web e learning, metode ini menyimpan segudang manfaat di era digitalisasi seperti sekarang ini.

Mengenal E-Learning Sekolah dan Rekomendasi Web E Learning!

Semenjak adanya pandemi Covid-19, sistem belajar mengajar di Indonesia dipaksa berubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh sehingga tenaga pengajar maupun peserta didik tidak memerlukan tatap muka di dalam kelas lagi dan sepenuhnya melalui pembelajaran daring seperti menggunakan e-leraning sekolah maupun web e learning.

Apa itu E Learning?

E-learning sekolah adalah sistem pembelajaran elektronik yang memanfaatkan teknologi dalam melakukan proses belajar mengajar. E-learning dilakukan dalam jaringan internet sehingga bisa diakses oleh siswa maupun guru dimana pun dan kapan pun tanpa terbatas ruang maupun waktu.

E-learning umumnya berbentuk kursus online, seminar online dan lainnya berbasis web e learning dengan menyajikan semua materi belajar, kuis dan instrument belajar lainnya. Materi yang disajikan pun sangat beragam mulai dari teks berformat pdf, audio suara, video, streamingyoutube dan beraneka ragam lagi.

Jenis-jenis E Learning

Terdapat 2 jenis e learning antara lain yaitu:

  1. Asynchronous E Learning

Sistem pembelajaran online yang bebas bisa dilakukan kapan pun tanpa mengharuskan tenaga pengajar dan peserta didik online bersama. Contoh: video pembelajaran, LearningManagement System (LMS).

  1. Synchoronous E Learning

Merupakan pembelajaran online yang dilakukan secara real time. Contohnya: Webinar, Kelas Virtual, dan masih banyak lagi.

Manfaat E Learning

Berikut kami beberkan beberapa manfaat adanya e learning sekolah, antara lain:

  1. Fleksibel

Manfaat pertama yang di dapat adalah fleksibilitas dalam pembelajaran, sehingga baik tenaga pendidik maupun peserta didik tetap bisa mengakses. Menariknya lagi, ketika dalam waktu tertentu tidak bisa hadir, mereka tetap bisa belajar melalui dokumentasi misalnya rekaman, sehingga tidak perlu khawatir akan ketinggalan materi.

  1. Pembelajaran yang Lebih Variatif

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa e learning menyediakan materi belajar dalam berbagai format mulai dari text, audio, video, game bahkan simulasi interaktif. Sebagai peserta didik anda bisa menentukan format sesuai kebutuhan.

  1. Hemat Biaya perasional

Dengan menggunakan pembelajaran daring tentu akan menghemat biaya operasional seperti pengeluaran untuk kelas fisik, biaya transportasi dan biaya lain yang dikeluarkan saat pembelajaran offline. Sehingga biaya tersebut bisa dialihkan untuk menyiapkan internet dan komponen belajar online lainnya.

Rekomendasi Web E Learning

Jika anda tertarik dengan metode belajar ini, berikut kami bagikan beberapa platform merdeka belajar yang diperuntukkan guna mempermudah e-learning antara lain:

  1. Zenius
  2. Brainly
  3. Sekolahkita.net
  4. Udemy
  5. W3School
  6. Ruangguru

Demikianlah informasi mengenaie learning sekolah dan beberapa rekomendasi mengenai platform merdeka belajar. Yuk nikmati pendidikan dengan cara yang lebih mudah yaitu menggunakan web e learning, anda tidak perlu khawatir lagi tertinggal materi belajar. Banyak sekali materi edukasi yang dapat diakses! Selamat belajar dan majukan pendidikan di Indonesia!

kami Juga Menyediakan Aplikasi Absensi Online Siswa Berbasis Android Integrasi Sistem

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag