fbpx
Skip links
Apa itu Platform Merdeka Mengajar?

Apa itu Platform Merdeka Mengajar?

ialah aplikasi yang dirancang agar dapat memberikan kemudahan bagi para guru Indonesia dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Platform Merdeka Belajar ini juga turut membantu guru-guru untuk mengembangkan kompetensinya secara mandiri.

Apa itu Platform Merdeka Mengajar ?

Platform Merdeka mengajar adalah sebuah sarana digital yang disediakan oleh Kemendikbudristek RI dalam membantu guru-guru Indonesia untuk meningkatkan kualitas kompetensi, integrasi pendidikan serta pembelajaran.

Platform ini merupakan bagian di dalam program Merdeka Belajar Episode 15, yang mana diluncurkan di awal Februari 2022 lalu. Platform Merdeka Mengajar ini hanya bisa diakses dan digunakan oleh semua guru dan kepala sekolah pada program Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan. Namun, tentunya platform ini secara bertahap akan terus berkembang dan mengalami peningkatan.

Platform atau aplikasi mengajar online ini pun dengan mudah bisa dibuka melalui situs web dan aplikasi serta dapat diakses menggunakan PC/laptop dan smartphone. Namun,  saat ini aplikasi Platform Merdeka Mengajar hanya baru tersedia untuk android.

Fungsi Utama Platform Merdeka Mengajar

Platform yang sebagai Inovasi merdeka pendidikan ini mempunyai tiga fungsi utama, yakni Belajar, Mengajar, dan Berkarya. Ketiga fungsi utama tersebut sangat bermanfaat bagi para guru untuk segala aspek. Berikut pemaparannya.

  1. Mengajar

Platform Merdeka Mengajar digunakan sebagai bahan untuk mengajar. Guru-guru akan dimudahkan dengan perangkat ajar yang tersedia di platform ini, seperti asesmen murid serta analisis diagnostik literasi dan numerasi, yang dengan cepat bisa sesuai tahap capaian perkembangan dari peserta didik.

Perangkat ajar yang didapatkan, yakni bahan ajar, Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), modul proyek, buku murid, serta asesmen. Perangkat ajar tersebut bisa diakses secara online dan juga dapat diunduh.

  1. Belajar

Fungsi platform transformasi pendidikan ini selanjutnya, yaitu belajar. Guru bisa mendapatkan pelatihan secara mandiri dan berkualitas. Guru juga akan mendapatkan beragam macam video inspiratif agar dapat mengembangkan diri dengan akses yang tidak terbatas.

Pada pelatihan mandiri, nantinya para guru akan diberikan topik pelatihan, modul pelatihan, cerita reflektif, latihan pemahaman, serta aksi nyata. Aksi nyata tersebut merupakan implementasi dari topik pelatihan yang dapat dipraktekkan secara langsung kepada siswa di sekolah.

  1. Berkarya

Pada fungsi ini, guru bisa membuat dan membangun portofolio, yakni memaparkan hasil karya di Platform Merdeka Belajar dalam bentuk video. Para guru juga bisa saling berbagi antar satu sama lain serta memberikan umpan balik (feedback). Nantinya, umpan balik tersebut dapat menjadi bahan diskusi yang membantu guru untuk mengembangkan diri secara mandiri.

Produk Plaftform Merdeka Mengajar

Melalui platform pendidikan Merdeka Mengajar, para guru di seluruh Indonesia dapat mengakses beragam macam referensi, seperti perangkat ajar, melakukan pelatihan mandiri, dan praktik dalam mengembangkan kompetensi.  Platform ini diperuntukkan sebagai teman penggerak bagi guru Indonesia yang mempunyai berbagai produk, yaitu:

  1. Pelatihan Mandiri

Pelatihan Mandiri ini berisi sistem pembelajaran atau modul pelatihan berkualitas. Para guru bisa mengaksesnya kapan dan di mana pun untuk mengembangkan kompetensinya.  Keunggulan produk ini, selain bisa diakses kapan dan di mana pun, juga dapat menyesuaikan kecepatan belajar pribadi dari masing-masing guru. Dengan begitu, para guru tidak perlu terburu-buru saat pelatihan dan bisa menyesuaikan diri dengan baik.

Selain itu, guru bebas dalam memilih topik yang tersedia di dalam produk Pelatihan Mandiri. Sebagai pendidik, tentunya para guru dituntut untuk terus belajar serta mengembangkan kompetensi, supaya menyesuaikan pembelajaran  dengan perkembangan zaman.

  1. Video Inspirasi

Video Inspirasi berisi kumpulan video inspirasi yang bisa digunakan oleh para guru sebagai referensi untuk mengembangkan kompetensi profesional dan personalnya.

Produk aplikasi merdeka belajar ini bisa digunakan oleh guru sebagai media penyimpanan dari video praktik pembelajaran serta materi ajar. Video Inspirasi tentunya menjadi bukti kompetensi diri seorang guru serta dapat menjadi inspirasi guru lainnya.

  1. Bukti Karya Saya

Produk menarik lainnya ialah Bukti Karya Saya yang menjadi wadah untuk berbagi praktik baik dalam mendorong para guru terus berkarya dan saling menginspirasi. Melalui produk ini, para guru bisa melihat rekam jejak yang menggambarkan kinerja dan kompetensinya. Tidak hanya itu, guru juga dapat menginspirasi melalui karyanya dan bertukar pikiran dengan guru lainnya.

  1. Asesmen Murid

Produk ini berisi kumpulan asesmen yang dapat membantu guru untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai hasil pembelajaran murid lewat analisis diagnostik literasi dan numerasi. Tujuan Asesmen Murid ialah supaya para guru dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai tahap pencapaian serta perkembangan murid-murid.

Asesmen Murid ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta minat yang berdasarkan acuan fase, daring, dan luring. Selain itu, produk ini sudah dilengkapi fitur pemeriksaan otomatis dan analisis mendalam.

  1. Perangkat Ajar

Perangkat Ajar di platform Merdeka Mengajar berisi lebih dari 2000 referensi yang berupa modul ajar, bahan ajar, dan lain sebagainya yang berbasis kurikulum merdeka. Produk ini  tentunya telah dikurasi oleh tim ahli Kemendikbudristek.

Perangkat Ajar sebagai  e-learning sekolah dapat membantu para guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), eksplorasi kegiatan belajar-mengajar, dan mendapat referensi buku. Menariknya, perangkat Ajar yang tersedia dapat disimpan serta diakses secara offline.

Cara unduh platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar telah tersedia secara gratis di Google Play Store dan dapat diinstal atau diunduh pada perangkat Android  dengan syarat perangkat minimal sudah versi 5 (Lollipop) ke atas. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki perangkat Android dengan kualifikasi tersebut, tentu dapat mengakses platform Merdeka Mengajar dengan mudah melalui web browser di PC, laptop, atau smartphone dengan alamat https://guru.kemdikbud.go.id/

Cara Login Platform Merdeka Mengajar 

Jika Anda telah berhasil mengunduh aplikasi atau masuk web elearning Platform Merdeka Mengajar, berikut tata cara login agar Anda dapat dengan mudah menggunakan platform ini.

  1. Pertama-tama, buka aplikasi platform Merdeka Mengajar di smartphone atau masuk dengan web browser di situs https://guru.kemdikbud.go.id/
  2. kemudian, pilih menu fitur layanan platform Merdeka Mengajar yang tersedia.
  3. Apabila telah muncul notifikasi “Masuk dengan akun google,” artinya Anda diminta untuk lakukan login.
  4. Setelah itu, Anda klik tombol “Masuk”  dan login menggunakan akun google dengan domain belajar.id (Akun Pembelajaran). Namun, login juga dapat Anda lakukan memakai akun Google domain madrasah.kemenag.go.id.
  5. Apabila Anda mengakses melalui aplikasi Android, maka dapat melakukan login sejak awal. Setelah buka aplikasi, Anda scroll ke bawah dan ketuk tombol “Masuk.” Kemudian, masuk menggunakan akun google dengan domain madrasah.kemenag.go.id. atau belajar.id

Itulah, penjelasan mengenai apa itu platform Merdeka Mengajar. Tentunya, berkat adanya platform Merdeka Belajar atau aplikasi pembelajaran online untuk para guru di Indonesia ini, dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bagi para murid, sehingga dapat menghasilkan murid yang berkualitas pula.

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag