fbpx
Skip links

Penting! 5 Aplikasi Mengajar Online untuk Guru

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia memang merubah segalanya, khususnya sistem pendidikan di Indonesia. Untuk tetap membuat pembelajaran tetap berjalan dengan baik, pemerintah menerapkan pembelajaran daring atau tanpa tatap muka secara langsung.

Baik sekolah, guru, siswa, maupun orang tua sangat dilibatkan dalam proses pembelajaran yang baru ini. Semuanya harus bersama-sama membangun pendidikan. Guru disekolah dituntut aktif dan kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran pada siswa.

5 Aplikasi Mengajar Online untuk Guru

Dibawah ini ada beberapa  aplikasi mengajar online yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajarannya.

  1. Platform Merdeka Mengajar

Aplikasi Mereka Belajar adalah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Platform Merdeka Belajar juga membantu guru dapat mengembangkan dirinya secara mandiri. Aplikasi Merdeka Mengajar memiliki 3 fungsi utama bagi guru, yaitu Belajar, Mengajar, dan Berkarya.

Untuk dapat mengakses aplikasi Merdeka Mengajar, guru harus melakukan pendaftaran atau registrasi akun secara mandiri di website belajar.id atau dengan bantuan Operator Satuan Pendidikan di sekolah.

  1. Rumah Belajar

Aplikasi Rumah Belajar merupakan aplikasi belajar secara daring atau online yang dikembangkan oleh Kemendikbud. Hadirnya Aplikasi Rumah Belajar adalah sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk belajar selama di rumah.

Rumah Belajar memiliki beberapa menu seperti laboratorium maya (sebagai pengganti laboratorium di sekolah), kelas digital, buku sekolah elektronik, sumber belajar, dan bank soal. Aplikasi Rumah Belajar ini dapat digunakan oleh guru maupun siswa untuk menunjang pembelajaran.

  1. Google forEducation

Google mengeluarkan fitur yang memudahkan untuk belajar secara online. Adapun fitur yang sering dipakai adalah Google Classroom.

Hebatnya, aplikasi ini dapat diakses meskipun dengan konektivitas yang internet rendah. Hal ini yentu ini sangat menguntungkan bagi mereka yang susah menjangkau jaringan internet yang kencang.

  1. Jamboard

Jamboard adalah aplikasi papan tulis digital yang dikembangkan oleh Google. Seperti papan tulis biasa, Jamboard bisa dimanfaatkan oleh guru sebagai media untuk menjelaskan materi pembelajaran dengan cara menulis materi, menambahkan audio, menambakan gambar, dan juga informasi lainnya.

  1. Quizziz

Bila anda ingin memberikan kuis kepada siswa, aplikasi Quizziz dapat membantu anda. Dengan aplikasi ini guru bisa membuat permainan kuis interaktif agar pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Anda bisa memilih berbagai template kuis seperti pilihan ganda, kotak centang, polling, mengisi bagian yang kosong, dan pertanyaan terbuka.

Cara MemilihAplikasi Mengajar Online yang Tepat

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memilih platform untuk mengajar:

  1. Perhatikan keuntungan apa yang bisa didapat dari aplikasi mengajar online
  2. Pilih platform yang tidak terlalu menghabiskan kuota internet
  3. Selalu perhatikan jaringan internet untuk mengakses platform
  4. Pilih platform yang bisa diterima oleh banyak jenis handphone, mengingat anda memiliki banyak siswa yang harus mengikuti pembelajaran anda.

kami Juga Menyediakan Aplikasi Absensi Online Siswa Berbasis Android Integrasi Sistem

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag