fbpx
Skip links
Tugas dan Wewenang Menteri Kemendikbud

Tugas dan Wewenang Menteri Kemendikbud

Membahas tentang menteri Kemendikbud terkini

Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu diatur oleh Kemendikbud yakni kementerian pendidikan dan kebudayaan yang dipimpin oleh seorang menteri. Termasuk dalam hal ini persiapan dan proses menuju era pendidikan 4.0 sebagai upaya digitalisasi pendidikan menuju masa depan.

Mendikbudristek

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang sekarang, di era pemerintahan Presiden Jokowi adalah Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A namanya. Ada satu lagi bidang tugasnya kini, sehingga namanya menjadi Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia). Sehingga jabatan resmi Nadiem Makarim adalah sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek).

Tugas dan Wewenang

Tugasnya adalah menyelenggarakan urusan di bidang pendidikan anak usia dini, dan pendidikan dasar, serta pendidikan menengah, juga pendidikan vokasi, dan pendidikan tinggi, serta pengelolaan kebudayaan, dan penelitian, juga riset serta pengembangan teknologi dan berada dibawah presiden langsung. Dalam hal ini meliputi beberapa hal sebagai berikut.

Perumusan serta penetapan kebijakan di bidang pendidik juga tenaga kependidikan, pendidikan anak usia dini, dan pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, dan pendidikan vokasi, dan pendidikan tinggi, serta pengelolaan kebudayaan.

Pelaksanaan kebijakan di bidang pengendalian formasi pendidik, dan pemindahan pendidik, serta pengembangan karier pendidik, juga pemindahan pendidik serta tenaga kependidikan antar lintas daerah provinsi.

Penetapan standar nasional pendidikan serta kurikulum nasional pendidikan menengah, dan pendidikan dasar, dan pendidikan anak usia dini, juga pendidikan nonformal.

Pelaksanaan kebijakan dalam bidang pendidikan tinggi.

Pelaksanaan fasilitasi pendidik serta tenaga kependidikan juga penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, dan pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, dan pendidikan vokasi, serta pendidikan tinggi, juga pengelolaan kebudayaan.

Pelaksanaan penelitian serta pengembangan di bidang pendidik juga tenaga kependidikan, dan pendidikan anak usia dini, dan pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, dan pendidikan vokasi, dan pendidikan tinggi, serta pengelolaan kebudayaan.

Pelaksanaan kebijakan dalam bidang pelestarian cagar budaya serta pemajuan kebudayaan.

Pelaksanaan kebijakan dalam bidang pembinaan perfilman nasional.

Pelaksanaan pengembangan, dan pembinaan, serta pelindungan bahasa juga sastra Indonesia.

Pelaksanaan pengelolaan pada sistem perbukuan.

Pelaksanaan bimbingan teknis serta selaku supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian di daerah.

Koordinasi pelaksanaan tugas, dan pembinaan, serta pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian.

Pengelolaan barang milik atau kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya Kementerian.

Pengawas pelaksanaan tugas pada lingkungan Kementerian.

Pelaksana dukungan substantif guna mendukung pencapaian tujuan serta sasaran strategis Kementerian.

Perumusan serta penetapan kebijakan di bidang penelitian, pengembangan, dan pengkajian, serta penerapan, juga invensi serta inovasi, dan koordinasi serta sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang penelitian, dan pengembangan, pengkajian, juga penerapan, dan invensi serta inovasi.

Pembinaan serta pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi pada lingkungan kerja Riset dan Teknologi.

Pengelolaan barang milik atau kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab terkait Riset dan Teknologi.

Pengawas pelaksanaan tugas pada lingkungan Kementerian Riset dan Teknologi.

Itulah tugas dan tanggung jawab menteri Kemendikbudristek yang sekarang.

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag