fbpx
Skip links
aplikasi-presensi-siswa

Aplikasi Absensi Online Siswa Berbasis Android Integrasi Kartu Pelajar dan Sidik Jari Siswa

aplikasi-presensi-siswa

Aplikasi Absensi Online Siswa Berbasis Android Integrasi Kartu Pelajar dan Sidik Jari Siswa adalah salah satu fitur unggulan dari platform sekolahkita.net.
Sekolahkita.net merupakan platform aplikasi pendukung untuk digitalisasi di sekolah baik negeri maupun swasta pendukung Program Merdeka Belajar dimana didalamnya terdapat berbagai macam fitur yang dapat di manfaatkan sekolah mulai dari jenjang SD,SMP,SMA,dan SMK yang salah satu fitur unggulanya adalah Presensi Siswa Online dan Ofline dengan 4 metode presensi menyessuaikan kondisi lapangan di sekolah.

Fitur ini telah di manfaatkan sekolah-sekolah di beberapa wilayah khususnya Yogyakarta yang notabenya adalah kota pelajar dan juga sekolah di wilayah luar jawa.

Saat ini dengan adanya merdeka belajar yang sedang digalakan pemerintah khususnya Kementrian Pendidikan, maka sekolah dituntut untuk berinovasi dan melakukan transformasi pembelajaran baik secara aktifitas maupun metode belajar di sekolah. Sekolahkita.net merupakan solusi terbaik bagi sekolah untuk melakukan transformasi digitalisasi sekolah 4.0 khususnya bagi sekolah penggerak.

 

Metode Presensi Siswa Online Maupun Offline Dengan 4 Motode

Metode presensi yang digunakan menggabungkan empat (4) integrasi dimana siswa dapat melakukan presensi mandiri menggunakan Handphone,kartu pelajar RFID, sidik jari, ataupun dengan web apps. Siswa atau manajemen sekolah dapat memilih metode mana yang akan digunakan untuk pemanfaatan fitur presensi siswa ini, ataupun dapat menggabungkan 4 metode sekaligus.

Berbagai pilihan integrasi ini dapat dimanfaatkan sekolah sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan sesuai dengan realita di sekolah, misalnya ketika kondisi wilayah kurang tersedia koneksi internet maka sekolah dapat memilih metode fingerprint atau sidik jadi siswa, dan ataupun bisa juga menggunakan kartu pelajar siswa yang sekaligus dapat digunakan siswa untuk presensi mandiri saat datang di sekolah.

Selain itu, jika sekolah akan menerapkan metode presensi siswa dengan aplikasi Android berbasis geolocation, fitur presensi dari sekolahkita.net juga dapat digunakan oleh siswa dimana siswa dapat melakukan install mandiri melalui Google Playstore kemudian login menggunakan akun masing-masing siswa.
Fitur geolocation presensi siswa ini juga dapat di atur sekolah atau manajemen sekolah berdasarkan radius jarak dari sekolah, sehingga presensi siswa menggunakan aplikasi  dapat menjadi solusi jika siswa hanya diatur dapat melakukan presensi hanya di wilayah sekolah saja.

 

 

 

 

 

Metode Surat Izin Online Siswa Jika Berhalangan Hadir ataupun Terlambat

Bagaimana jika siswa tidak masuk karena sakit atau izin? Fitur presensi siswa pada Aplikasi Sekolahkita.net ini juga sudah dilengkapi dengan pengajuan surat izin mandiri, sehingga siswa dapat melakukan upload surat izin mandiri yang dapat divalidasi oleh guru piket, wali kelas, ataupun pihak yang mengelola surat izin siswa.
Guru piket atau peetugas juga dapat memberikan kartu keterlambatan mengikuti pelajaran,sehingga siswa terlambat mendapat cetak surat pengantar untuk memasuki ruang kelas.

 

Hasil Presensi Siswa Online Terekap Datanya Realtime dan Terukur

Data yang diperoleh dari hasil presensi siswa tersimpan dan terkoneksi secara realtime, sehingga pihak sekolah dapat memantau progress dari presensi harian siswa secara berkala baik harian, mingguan, bulanan, dan bahkan by rentang tanggal tertentu. Jika sekolah menerapkan semua metode yang ada maka siswa bebas memilih dengan metode mana siswa akan melakukan presensi mandiri.

 

 

 

 

Rekap data ini secara realtime langsung dapat dipantau pihak sekolah atau yang berkepentingan, termasuk siswa juga dapat memantau mandiri data presensinya masing-masing melalui aplikasi yang sudah ada.

Rekap data ini dalam bentuk data dan grafik sehingga mudah bagi pengelola untuk mengambil kesimpulan data untuk kebutuhan sekolah atau dasar pengambilan kebijakan sekolah terhadap siswa.

Rekap data juga dapat dijadikan laporan yang dapat di berikan kepada Wali Murid siswa atau orang tua siswa.

 

 

 

Presensi Siswa Juga Terintegrasi Dengan Layar Monitor /Papan Informasi Sekolah

Contoh layar monitor di sekolah tampil data presensi siswaSekolah juga dapat menggabungkan hasil presensi siswa dengan layar monitor yang dapat di pasang di lingkungan sekolah misalnya Loby Sekolah atau Front Office di sekolah, Monitor ini akan menampilan data siswa yang telah presensi dan menunjukan informasi waktu datang atau presensi kehadiran dan juga waktu pulang atau presensi kepulangan siswa.
Data yang tampil realtime dan terdapat Foto dari masing-masing siswa yang telah presensi.

Selain menampilan info presensi, papan informasi ini juga dapat di manfaatkan pihak sekolah khususnya manajemen sekolah untuk menampilkan pengumuman sekolah/info sekolah dengan model running text sehingga sangat efektif bagi sekolah karena saling terintegrasi.

 

Berbagai Sekolah Telah Memanfaatkan Platfom Fitur Sekolahkita.net

Puluhan sekolah telah bersinergi dengan kami diantaranya sekolah-sekolah yang sudah mulai menggalakan program merdeka belajar dan sekolah-sekolah yang sudah sadar akan pentingnya data dan analistic yang berbasis data bukan lagi pada asumsi.
Beberapa sekolah yang telah memanfaatkan fitur presensi siswa diantaranya:

  1. SMKN 4 Yogyakarta
  2. SMKN 1 Pundong  Bantul
  3. SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta
  4. SMAN 1 Wonosari Gunungkidul
  5. SMAN 6 Yogyakarta
  6. SMAN 1 Tanjungsari Gunungkidul
  7. SMP 6 Yogyakarta
  8. SMAN 3 Kota Sukabumi
  9. SMKN 1 Wonosaari Gunungkidul
  10. SD Muh Suryowijayan Kota Yogyakarta
  11. SMAN 1 Bukittinggi Sumatera
  12. SMAN 1 Titatang Kamang Sumatera

Selain sekolah di atas, masih banyak sekolah-sekolah lain yang telah memanfaatkan fitur platform sekolahkita.net khususnya fitur-fitur yang selain presensi siswa.

tertarik Sekolah atau Instansi anda ingin digitalisasi presensi? segera hubungi tim teknis kami untuk keterangan lebih lanjut, anda juga dapat melihat paket harga di paket harga fitur presensi platfom sekolahkita.net

Salam pendidikan, salam sekolahkita.net.

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag