fbpx
Skip links
7 Tahapan Perkembangan Pendidikan Yang Terjadi Di Indonesia

7 Tahapan Perkembangan Pendidikan Yang Terjadi Di Indonesia

Di Indonesia tidak hanya guru yang bertransformasi, pendidikan untuk masyarakat juga berkembang. Hal ini dilihat dari kurikulum yang digunakan dari waktu ke waktu semenjak masa Kerajaan Hindu-Budha, Kerajaan Islam, masa Kemerdekaan, hingga masa milenial seperti sekarang ini dimana menggunakan kurikulum Merdeka sebagai peralihan dari kurikulum 13.

Berikut Tahapan Perkembangan Pendidikan Yang Terjadi Di Indonesia

Perkembangan pendidikan yang terjadi di negara Indonesia sekarang ini, dapat dikatakan semakin baik dengan teknologi yang ada. Namun tentunya, perkembangan pendidikan di Indonesia melalui jenjang yang sangat panjang dan dapat disimak melalui ulasan berikut.

  1. Masa Kerajaan Hindu-Budha

Pada masa Kerajaan Hindu dan Budha, umumnya pendidikan dilakukan oleh para Brahmana atau guru yang sangat kental dengan nuansa keagamaan. Di masa ini, perkembangan pendidikan masih tergolong sangat terbatas, karena ilmu yang diajarkan akan berkaitan dengan seni perbintangan, seni bangunan, seni rupa, teologis, maupun ilmu tentang sastra.

  1. Masa Kerajaan Islam

Sesuai dengan namanya, pendidikan pada masa Kerajaan Islam tidak terlalu banyak berkembang. Pendidikan pada masa ini diarahkan kepada pengenalan budaya-budaya Islam kepada seluruh masyarakat secara tradisional. Pada masa ini, perkembangan pendidikan terpusat pada Wali Songo yang mengajarkan agama Islam menggunakan kitab suci Al Qur’an, kidung nyanyian Jawa, dan kitab sastra pendukung.

  1. Masa awal abad ke-16

Perkembangan pendidikan di Indonesia dari masa ke masa belum berubah signifikan pada abad ke-16. Pada masa ini, perkembangan pendidikan yang semula terpusat pada pembelajaran agama Islam, mulai bertambah dengan masuknya ajaran agama Katolik yang dibawa oleh kelompok pedagang dari Spanyol dan Portugis. Masyarakat di pulau-pulau yang dilalui oleh jalur perdagangan dari bangsa Portugis umumnya mulai belajar berhitung, membaca, dan menulis.

  1. Masa penjajahan Kolonial

Pada masa penjajahan Belanda, jika dibandingkan dengan masa perkembangan pendidikan yang lainnya, penduduk pribumi mengalami keterbelakangan pendidikan. Hal ini karena tingginya diskriminatif penjajah pada masyarakat pribumi. Pada masa ini, hanya keturunan bangsawan dan aristokrat yang bisa bersekolah dengan kurikulum bidang matematika dan sains.

  1. Masa pendudukan Jepang

Perkembangan pendidikan pada masa pendudukan Jepang sedikit lebih maju dibandingkan masa Kolonial. Hal ini karena Jepang menghapus pembagian sekolah yang berdasar pada kelas sosial. Di masa ini, pendidikan untuk warga pribumi sudah lebih maju dan lebih terstruktur. Kurikulum yang diajarkan umumnya berkaitan dengan ilmu sosial kemasyarakatan dan sains.

  1. Masa awal Kemerdekaan

Ketika Indonesia mengumumkan Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, ada banyak perubahan yang dirasakan oleh masyarakat di bidang pendidikan. perkembangan pendidikan pada masa awal kemerdekaan menjadi sangat terstruktur karena berlandaskan UUD 1945 dan Pancasila. Untuk meningkatkan kualitas pengajaran yang diberikan oleh para guru pada saat itu, juga didirikan Perguruan Tinggi khusus Keguruan yang dikenal dengan IKIP. Tidak hanya itu, anak-anak Indonesia pada masa awal kemerdekaan diwajibkan sekolah mulai usia 8 tahun.

  1. Era Milenial

Selain masa awal kemerdekaan, perkembangan pendidikan sebenarnya juga berlangsung pada saat masa Orde Baru dan Reformasi, dimana kurikulum untuk anak didik berkembang mengikuti aspek utama, seperti afektif, kognitif, dan psikomotorik. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi hingga saat ini di era pendidikan 4.0, ada perubahan signifikan tentang kurikulum yang menggunakan KTSP 13 maupun kurikulum Merdeka, dimana pendidikan menitikberatkan pada kompetensi keahlian, sikap tingkah laku, hingga pengetahuan lanjutan untuk para siswa.

Tags: perkembangan pendidikan, ktsp 13, kurikulum merdeka, teologi, ilmu sosial kemasyarakatan, ilmu sastra, pendidikan 4.0

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag