fbpx
Skip links

Benarkah Integrasi Pendidikan Karakter Itu Perlu?

Perlunya integrasi pendidikan karakter untuk membangun generasi yang lebih baik sehingga bisa membangun dan mengaplikasikan kepribadian yang berkualitas bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Benarkah Integrasi Pendidikan Karakter Itu Perlu?

Tahukah Anda? Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini masih tertinggal dengan negara-negara yang lebih berkembang dan maju. Kondisi ini tentu karena masih ada beberapa masalah yang perlu ditangani, mulai dari kurangnya pemerataan pendidikan, hingga rendahnya kualitas pengajar. Permasalahan tersebut memang sedang digarap oleh pemerintah, salah satunya dengan integrasi pendidikan karakter.

Apa Itu Pendidikan Karakter?

Pendidikan karakter ialah sebuah usaha manusia yang terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik untuk membangun karakter pribadinya. Pendidikan karakter diperlukan agar nantinya siswa dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya. Pendidikan karakter ini juga menjadi program berkelanjutan dari pemerintah selain membangun platform merdeka belajar yang semakin digiatkan.

Pendidikan karakter juga dinilai sebagai cara terbaik untuk memastikan para siswa memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya. Hingga nantinya karakter tersebut bisa tertanam pada setiap individu dan bisa diterapkan hingga masuk ke dunia kerja atau usaha.

Pentingnya Integrasi Dalam Hal Pendidikan Karakter

Integrasi bisa diartikan sebagai upaya penyatuan atau proses pengubahan sikap dan tingkal laku. Dalam hal ini yang dimaksud di bidang pendidikan yaitu berarti dalam usaha mendewasakan manusia melalui proses pembelajaran. Integrasi pendidikan karakter perlu dilakukan salah satunya untuk mengembangkan kualitas pendidikan nasional.

Pendidikan karakter dalam setiap proses pembelajaran perlu dilakukan integrasi untuk mewujudkan manusia yang berkarakter. Pendidikan karakter perlu dilakukan untuk siswa atau pelajar sejak dini, atau dari lingkungan Sekolah Dasar.

Anak-anak usia dini perlu ditanamkan nilai-nilai karakter utama yang harus terwujud dalam sikap dan perilakunya. Nilai-nilai tersebut mulai dari jujur untuk olah hati, cerdas untuk olah pikir, tangguh untuk olah raga, serta peduli untuk oleh rasa dan karsa.

Integrasi pendidikan karakter bisa dilakukan di semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Dalam hal pelaksanaan kegiatan pembelajaran, guru atau tenaga pendidik harus mempersiapkan pendidikan yang berkarakter, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasinya. Tak hanya itu, agar output maksimal, keberadaan guru dan orang tua murid diperlukan agar bisa membangun keberhasilan pengintegrasian pendidikan karakter.

Penanaman nilai karakter pada setiap mata pelajaran dapat diintegrasikan ke sejumlah nilai utama. Meski demikian, tidak setiap mata pelajaran diberi integrasi semua butir nilai tetapi beberapa nilai utama saja, walaupun tidak berarti nilai-nilai yang lain tidak boleh diintegrasikan ke dalam mata pelajaran tersebut. Oleh karena itu, setiap mata pelajaran difokuskan pada penanaman nilai-nilai utama tertentu yang terdekat dengan mata pelajaran yang bersangkutan.

Itulah penjelasan terkait perlunya integrasi pendidikan karakter khususnya bagi sistem pendidikan di Indonesia. Pengintegrasian pendidikan karakter sangat perlu dilakukan agar siswa mampu membangun karakter dalam dirinya dan dapat mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.

Tags: pendidikan, integrasi pendidikan, pendidikan karakter, merdeka belajar

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag