fbpx
Skip links
Sistem untuk merdeka belajar Aplikasi pembelajaran online

Mengenal Sistem untuk Merdeka Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Online!

Sistem untuk merdeka belajar adalah sistem kurikulum agar peserta didik dapat memilih pelajaran yang diminati dan sistem belajar tidak terpaku di kelas saja, sebagai contoh menggunakan aplikasi pembelajaran online.

Mengenal Sistem untuk Merdeka Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Online!

Kebijakan pendidikan di Indonesia dari waktu ke waktu sudah mengalami banyak perubahan. Salah satu kurikulum pendidikan yang baru saja di luncurkan ialah kurikulum merdeka belajar. Lalu, seperti apakah kurikulum terbaru ini, bagaimana pemberlakuan sistem untuk merdeka belajar? Yuk simak penjelasan di bawah ini:

Apa itu Kuriklum Merdeka Belajar?

Merdeka belajar adalah kurikulum darurat yang diluncurkan guna merespons pandemi covid-19. Kurikulum ini merupakan salah satu langkah untuk mentransformasi pendidikan agar terwujud sumber daya manusia unggul dan memiliki profil pelajar Pancasila.

Sistem untuk Merdeka Belajar

Adapun sistem belajar yang diterapkan oleh kurikulum ini yaitu suatu pendekatan yang dilakukan agar pelajar dapat memilih pelajaran yang mereka minati. Tujuan utamanya agar pelajar dapat mengeluarkan kemampuan sehingga bisa memberikan sumbangan berupa karya terbaik untuk negeri.

Tak hanya itu, program merdeka belajar juga membawa banyak perubahan pada sistem belajar di Indonesia, salah satunya yaitu pembelajaran tidak terpaku di kelas saja. Misalnya saja menggunakan aplikasi pembelajaran online. Adapun tujuannya tentu saja mengedepankan kenyamanan setiap pelajar untuk memperoleh suasana belajar yang menyenangkan.

Karakteristik Kurikulum Merdeka Belajar

Berikut beberapa karakteristik yang digunakan dalam kurikulum ini:

  1. Sistem pembelajaran yang berbasis proyek guna mengembangkan softskill serta karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
  2. Fokus pembelajaran terdapat pada materi esensial sehingga terdapat waktu untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar lainnya seperti literasi dan numerasi.
  3. Guru memiliki fleksibilitas dalam melakukan pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan peserta didik.

Keunggulan Kurikulum Merdeka Belajar

Sebagai kurikulum terbaru, tentu saja banyak kelebihan antara lain:

  1. Materi belajar lebih sederhana dan tentunya lebih mendalam serta focus materi yang esensial. Dengan begitu pelajar bisa belajar lebih mendalam tanpa terburu-buru.
  2. Tenaga pendidik memiliki keleluasaan untuk mengajar sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan pelajar. Selain itu, sekolah juga memiliki wewenang dalam mengembangkan kurikulum disesuaikan dengan satuan pendidikan dan peserta didik.
  3. Pembelajaran terasa lebih relevan dan interaktif sebab disampaikan melalui kegiatan proyek sehingga memberikan banyak kesempatan pada pelajar agar lebih aktif dalam mengeksplorasi isu-isu teraktual.

Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Online

Berikut kami bagikan beberapa platform merdeka belajar untuk mendukung sistem untuk merdeka belajar:

  1. Ruangguru
  2. Kelas Kita
  3. Zenius
  4. Rumah Belajar Kemendikbud
  5. Situs Cakap
  6. Sekolahkita.net
  7. Sekolahmu
  8. KipinSchool
  9. I Can Do
  10. Google Classroom
  11. Kelas Pintar

Demikianlah informasi mengenai sistem untuk merdeka belajar beserta aplikasi pembelajaran online. Yuk tingkatkan minat dan bakat anak anda sekarang juga, selain itu update terus informasi pendidikan lainnya untuk menunjang pendidikan berkemajuan demi Indonesia yang lebih baik lagi.

Tags: Kurikulum Pendidikan, Pendidikan Berkemajuan, Kurikulum Terbaru.

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag