Skip links

 

  • Siswa mengakses URL/alamat WEB sekolah atau alamat WEB lain sampai muncul laman log in
  • Selanjutnya pilih menu login siswa kemudian masukan username dan password yang dimiliki setiap siswa
klik untuk memperbesar gambar
  • Setelah berhasil maka anda akan masuk beranda halaman awal yang terdapat beberapa menu dan fitur
    klik untuk memperbesar gambar

 

Pertama masuk pada menu presensi

klik untuk meperbesar gambar

Kemudian akan tampil halaman presensi harian. Disini siswa wajib mengisi untuk presensi harian dengan cara klik pada absen datang pada saat KBM akan dimulai dan klik absen pulang untuk presensi pulang setelah semua KBM selesai dilaksanakan. Sebagai catatan di dalam melakukan presensi siswa diatur dengan waktu seperti contoh presensi untuk waktu mulai KBM dari jam 06.30-07.00, jika siswa melakukan presensi lebih dari jam 07.00 maka akan di anggap terlambat mengikuti KBM.

klik unutk memperbesar gambar

Sedangkan jika siswa tidak bisa mengikuti KBM disediakan menu ijin dengan mengupload surat izin kenapa tidak mengikuti KBM. Dengan cara klik pada chose file kemudian upload surat ijin siswa.

klik untuk memperbesar gambar

Elearning siswa dapat di asumsikan sebagai sebuah wadah kegiatan pembelajaran seperti siswa mendapatkan materi dari guru, mengerjekan tugas dan tes dari guru, melakukan kegiatan KBM virtual atau PJJ dengan guru dan sebagainya. Berikut adalah menu dan tata cara mengelola e-learning untuk siswa.

  • Home e-learning
klik untuk memperbesar gambar

Pada menu home e-learning adalah tampilan awal e-learning siswa. Disini kita dapat melihat statistic siswa dalam mengerjakan tugas selama satu semester. Di menu home ini juga siswa dapat memantau tugas dan KBM aktif diahri tersebut. Terdapat juga informasi tentang penggunaan dan penjelasan e-learning.

  • Jadwal dan saya
klik untuk memperbesar gambar

Didalam menu jadwal dan saya siswa dapat meihat informasi tentang jadwal pelajaran mulai dari jam pelajaran, mata pelajaran yang di ikuti, dan guru yang mengajar selama satu semester. Jadwal pelajaran siswa ini dapat juga dicetak langsung.

  • Materi dan unduh
klik untuk memperbesar gambar

Menu materi dan unduh adalah menu dimana siswa dapat melihat dan mengunduh materi yang diberikan oleh guru. Dengan tombol preview pada menu materi untuk menampilkan materi di laman web dan menu unduh untuk mengunduh (men download) materi. Terdapat juga informasi tentang video materi yang terbaru dari guru.

  • KBM dan PJJ virtual

Didalam menu ini siswa dapat melihat informasi tenatang KBM dan PJJ vitual yang akan dilakukan. Terdapat juga informasi riwayat KBM dan PJJ virtual yang sudah berlangsung serta data statistic siswa dalam mengikuti KBM dan PJJ virtual ini.

  1. Untuk cara mengikuti KBM virtual ini siswa hanya tinggal memilih ikuti sekarang pada tampilan KBM dan PJJ hari ini kemudian siswa akan langsung menuju laman baru dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan. Kegiatan belajar mengajar ini dapat berupa pemberian materi secara langsung atau dengan melakukan video call melalui google meet dan aplikasi lain sesuai intruksi dari guru.
klik untuk memperbesar gambar
  1. Dilaman ini juga siswa dapat berinteraksi dengan guru melalui menu chat dengan guru.
klik untuk memperbesar gambar

Sebagai catatan untuk siswa, jika siswa terlambat dalam mengikuti KBM dan PJJ ini maka akan dianggap tidak mengikuti kegiatan ini tetapi siswa dapat melihat resume atau hasil kegiatan KBM yang berlangsung diriwayat KBM dan PJJ.

  • Tugas dan tes

Di laman ini berisi informasi tugas dan tes dari guru mulai dari tugas apa yang diberikan guru, siapa guru yang meberikan tugas dan progress siswa apakah siswa sudah mengerjakan tugas atau belum mengerjakan tugas tersebut. Untuk membedakan tugas atau PR dan tes pada saat KBM dibedakan dengan menggunakan icon yang berbeda yaitu icon kuning untuk tugas dan hijau untuk icon tes atau ulangan disaat KBM sedang berlangsung. Tugas dan tes dari guru ini dapat bersifat pilihan ganda dan esay.

Bagaimana siswa dapat mengerjakan tugas dan tes dari guru yang bersifat pilihan ganda atau esay  ?. Berikut adalah cara siswa mengerjakan tugas dan tes dari guru yang berupa pilihan ganda dan essay

  1. Mengerjakan tugas pilihan ganda.Pertama klik pada detail tugas yang akan dikerjakan
    klik untuk memperbesar gambar
  2. Kemudaian akan muncul form detail tugas lalu klik kerjakan pada form
    klik untuk memperbesar gambar
  3. Selanjutnya akan muncul laman berisi soal yang harus dikerjakan, cara mnegerjakan soal pilihan ganda ini hanya cukup dengan memilih opsi jawaban di lembar yang sudah disediakan.
    klik untuk memperbesar gambar
  4. Sedangkan untuk esay siswa dapat mengerjakan dengan menulis jawaban pada form jawaban atau dengan cara upload foto jawaban yang ditulis dikertas sesuai intruksi dari guru
    klik untuk memperbesar gambar
  5. setelah selesai mengerjakan pilih simpan sementara untuk menyimpan sementara jawaban dan bisa diubah selama waktu penugasan belom selesai atau simpan dan akhiri untuk menyimpan secara permanen jika siswa sudah yakin dengan jawabanya

Untuk melihat progres dan hasil pilih pada riwayat tugas klik lihat pada tugas yang dikerjakan maka akan muncul form progress dan hasil mengerjakan tugas. Apabila guru menampilkan nilai maka akan langsung terlihat nilai siswa seperti form dibawah.

klik untuk memperbesar gambar

 

🍪 This website uses cookies to improve your web experience.