Skip links

 

  • Guru mengakses URL/alamat WEB sekolah atau alamat WEB lain sampai muncul laman log in
  • Selanjutnya pilih menu login guru/ortu kemudian masukan username dan password yang dimiliki setiap guru
    klik untuk memperbesar gambar
  • Setelah berhasil maka anda akan masuk beranda halaman awal yang terdapat beberapa menu dan fitur
    klik untuk memperbesar gambar

  1. Bank soal

Digunakan untuk membuat bank soal/tugas yang dapat digunakan berulang kali penugasan untuk kelas yang berbeda. Tersedia 2 pilihan tipe soal esay dan pilihan ganda. Untuk tipe file yang dapat dimasukan adalah png/jpg/jpeg/doc/docx/xls/xlsx/ppt/pptx/pdf dengan ukuran maksimal 3 MB. Untuk tipeĀ  soal pilihan ganda cukup mengupload file soal tersebut beserta kunci jawaban per nomor soal. Sedangkan soal essay guru mengupload file soal dan jika siswa mengerjakan akan berupa form jawaban serta dalam bentuk file upload ataupun siswa dapat mengirim link eksternal. Model upload ini sangat mudah dilakukan guru karena bukan model memasukan soal satu persatu tapi menjadi kesatuan dalam sebuah file.

Berikut cara menambahkan bank soal:

  • Klik pada tambah file maka akan muncul form
    klik untuk memperbesar gambar
  • Setelah muncul form seperti dibawah guru hanya tinggal mengisi form sesuai dengan soal yang akan diberikan
    klik untuk memperbesar gambar
  • Terakhir klik simpan bank soal .
  1. Jadwal mengajar (Jurnal mengajar guru)
klik untuk memperbesar gambar

Berisi tentang informasi waktu mengajar guru mulai dari hari, jam, dan kelas yang diampu. Jika terdapat perubahan jadwal segera hubungi admin sekolah untuk konfirmasi langsung perubahan jadwal.

  1. Jurnal guru

Didalam jurnal guru ini secara garis besar pengganti catatan guru dalam mengajar. Disini guru dapat melakukan rekap mengajar seperti target mengajar dalam satu bulan, absensi kehadiran untuk siswa, dan materi yang diberikan pada pertemuan tersebut. Untuk teknis pengisian disediakan menu yang mudah dalam penggunaanya. Untuk jangka waktu pengisian tidak harus diwaktu mengajar, bisa di isi beberapa hari atau minggu kemudian asal masih di dalam waktu satu bulan itu. SedangkanĀ  hasil dari kegiatan dapat dilihat di hasil rekap dan dapat juga dicetak langsung.

tata cara mengisi untuk jurnal guru :

  • Untuk mengisi target mengajar dalam satu bulan silahkan masukan kelas yang akan diajar kemudian pilih bulan dan mata pelajaran yang diampu. Kemudian klik pada input target pertemuan.
    klik untuk memperbesar gambar
  • Dan akan muncul form untuk memasukan target berapa kali guru akan mengajar dalam satu bulan selanjutnya klik simpan. Target mengajar ini cukup di isi satu kali saja.
    klik untuk memperbesar gambar
  • Untuk menambahkan catatan materi pelajaran yang diberikan serta melakukan absensi kehadiran siswa mengikuti KBM/PJJ. silahkan klik pada tambah jurnal baru.
    klik untuk memperbesar gambar
  • Setelah itu akan muncul form kemudian masukan tanggal, bulan dan tahun pelajaran serta masukan juga jam waktu mengajar. Untuk catatan dapat di isi dengan catatan materi yang diberikan. Kemudian guru dapat mengisi presensi siswa untuk rekap kehadiran siswa dengan cara ceklist jika siswa hadir dan hilangkan ceklist untuk siswa yang tidak hadir kemudian klik menu simpan maka semua data yang dimasukan akan tersimpan dan dapat dilihat report keaktifan siswa. Form atau catatan yang di isi guru tidak akan tampil dilaman siswa. Ini hanya sebagai informasi pribadi atau catatan guru.
    klik untuk memperbesar gambar
  • Terdapat menu cari data yang bisa digunakan untuk melihat hasil rekap mengajar dalam satu bulsn dengan cara memasukan kelas yang diampu, bulan dan mata pelajaran maka akan muncul rekap hasil kegiatan pembelajaran dalam waktu satu bulan.
  1. Jurnal pegawai (Sistem jurnal kegiatan semua jenis pegawai termasuk TU)

Jurnal pegawai ini sebagai rekap data kegiatan mengajar guru untuk dapat dilihat oleh guru itu sendiri maupun untuk kepala sekolah.

  • Adapun cara untuk mengisi jurnal pegawai klik pada jurnal pegawai maka akan langsung muncul halaman mengisi data, lalu klik pada menu mengisi jurnal
    klik untuk memperbesar gambar
  • kemudian akan muncul form pengisian mulai mengisi dengan memilih bulan, tanggal, dan tahun. Setelah itu tuliskan kegiatan di uraian kegiatan. masukan jam mulai dan selesai untuk kegiatan pembelajaran. Untuk menu volume dapat di isikan jumlah kegiatan yang dilakukan seperti penugasan dan lain-lain. Setelah itu isi satuan yang dapat berupa kegiatan, dokumen, dan laporan . selanjutnya untuk keterangan isikan kegiatan tersebuat tugas pokok atau tugas tambahan. Terakhir klik simpan untuk menyimpan hasil kegiatan guru per hari dalam waktu satu bulan. Terdapat juga menu cari untuk melihat hasil rekap jurnal pegawaai dalam waktu satu bulan.
    klik untuk memperbesar gambar
  1. Kbm virtual
klik untuk memperbesar gambar

Kbm virtual ini dapat digunakan guru untuk melakukan kegiatan pelajaran langsung secara virtual. Misal dengan menggunakan aplikasi google meet,class room atau dengan streaming youtube ataupun jenis platform lain kesukaan guru. Dengan cara pilih menu buat kbm. Pembuatan KBM ini dapat dilakukan guru sesuai jadwal dan waktu guru mengajar. Sehingga siswa dan guru diharuskan aktif sesuai jadwal pelajaran yang sesungguhnya.

  • kemudian isi form mulai dari mata pelajaran yang akan diajarkan, kelas yang akan diampu, tipe kbm yang bisa berupa video streaming youtube, Microsoft team/google meets dan file materi. Kemudian msukan judul pembelajaran yang akan dilakukan dan masukan file yang ingin diupload atau dibagikan kepada siswa.jika perlu masukan keterangan pada form keterangan. Terakhir klik simpan. Guru juga bisa melihat riwayat KBM, riwayat tes dan penilaian harian yang pernah diberikan saat KBM (riwayat).
klik untuk memperbesar gambar
  1. Tugas dan tes

Laman tugas dan tes disediakan untuk memfasilitasi guru dalam memberikan tugas dan tes kepada siswa yang berupa pilihan ganda ataupun essay. Untuk cara menggunakan laman ini adalah sebagai berikut.

  • Pertama pilih jenis tugas yang akan diberikan antara pilihan ganda atau essay.
    klik untuk memperbesar gambar
  • Setelah memilih kemudian klik menu tambah dan akan muncul form untuk di isi mulai dari tahun ajaran, semester, kelas, mata pelajaran, judul tugas, deskripsi tugas, bank soal dan waktu pengerjaan. Kemudian isikan pula waktu pengerjaan tanggal dan jam mulai sampai jam selesai pengerjaan tugas. Pada menu status guru dapat memilih draft untuk menyimpan sementara atau publish untuk lansung di kirim ke siswa. Terakhir klik smpan tugas. Cara ini berlaku juga untuk tugas berupa essay. Menu tugas ini terkait dengan menu bank soal, namun jika guru ingin memberikan tugas yang tidak terkait dengan bank soal (intruksi khusus) guru dapat memilih type tugas essay dan tidak wajib memilih ank soal.
    klik untuk memperbesar gambar
  • Disini guru juga dapat melihat progress siswa dalam mengerjakan tugasnya dengan klik pada lihat detail maka disana akan terlihat apakah siswa sudah mengerjakan, belom mengerjakan atau sedang mengerjakan tugas. Guru juga dapat melihat nilai dan menampilkan nilai sesuai keinginan guru, apakah nilai akan di perlihatkan ke siswa atau tidaknya. Jika nilai siswa kurang baik maka guru langsung bisa melakukan set remedial kepada siswa yang bersangkutan.
    klik untuk memperbesar gambar
  1. Upload materi

Dihalaman ini guru dapat menambahkan materi yang ingin diberikan kepada siswa dengan cara :

  • Memilih pada menu tambah materi.
    klik untuk memperbesar gambar
  • Kemudian akan muncul form untuk di isi mulai dari judul materi, mata pelajaran, jenjang, dan deskripsi. Kemudian lakukan upload file materi yang akan diberikan dan pilih status file materi apakah akan lansumg dibagikan atau disimpan terlebih dahulu. Disini guru hanya bisa melihat materinya pribadi dan tidak bisa melihat isi dari materi guru lain. Terakhir klik simpan.Guru juga dapat melakukan set materi yang sifatnya umum atau untuk dikelas tertentu.
    klik untuk memperbesar gambar
  1. Nilai
klik untuk memoerbesar gambar

Dilaman nilai guru dapat melihat nilai dan progress semua siswa yang sudah selesai mengerjakan tugas. Jika ada nilai tugas yang kurang baik maka guru langsung bisa memberikan remidi atau status perbaikan jawaban siswa mengerjakan ulang tugas. Laman ini juga dapat di export atau di pindahkan kedalam excel.

  1. Presensi siwa
    klik untuk memperbesar gambar

Untuk laman ini dapat digunakan guru untuk melihat status kehadiran siswa. Kemudian wali kelas akan melakukan validasi absensi sakit, ijin, alfa, dan hadir. Hasil dari rekap ini dapat di export atau di pindah ke dalam excel dan juga dapat di cetak langsung dalam bentuk print out.