fbpx
Skip links

Pentingnya Belajar Pancasila

Transformasi pendidikan memang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. Para generasi muda masih belum paham mengenai banyak hal tentang negaranya sendiri. Hal ini menjadi salah satu kartu kuning bagi Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) di era sekarang.

Terutama mengenai nasionalisme yang di masa lalu tertuang dalam mata pelajaran yang cukup beragam, seperti Pendidikan Kewarganegaraan, PPKN, PKN, dan lain-lain. Namun pemahaman akan belajar pancasila di era sekarang tampaknya mulai berkurang.

Belajar pancasila di era saat ini nampak menjadi sesuatu yang kuno dan berat. Mereka lebih memilih belajar sesuatu yang jauh lebih menguntungkan untuk diri mereka sendiri secara finansial. Seperti trading, keuangan, cara menjadi viral, terkenal, dan lain-lain.

Padahal sebenarnya belajar pancasila merupakan sebuah nilai yang sangat penting. Pancasila memiliki banyak nilai dan makna untuk para generasi muda (terutama di era sekarang). Tidak hanya membahas mengenai pentingnya sebuah ideologi bagi negara, melainkan untuk kehidupan berbangsa dan bertanah air.

Walaupun para pemuda  sangat ingin menjadi kara (misal) atau terkenal (misal). Hal itu tidak bisa terwujud dengan instan maupun sendirian. Cenderung orang-orang semacam itu hanya mementingkan dirinya sendiri dan tidak memiliki rasa kebersamaan dan toleransi yang tinggi.

Padahal dalam belajar pancasila, para pemuda bangsa akan tahu caranya bertoleransi yang baik. Serta mengetahui betapa pentingnya kerja sama, gotong royong dan lain-lain. Pancasila akhirnya memanusiakan manusia dengan caranya yang terkesan halus namun sebenarnya penting.

Belajar pancasila juga membuat para pemuda sadar (seharusnya) bahwa mereka adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Kesadaran semacam ini akan terbentuk jika belajar pancasila dengan mendasar.

Sebab dalam pancasila terdapat sebuah sila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jadi orang yang memang memahami keadilan itu harus merata dan pandang bulu, maka tidak akan membawa keadilan itu hanya untuk orang Indonesia saja, melainkan juga ke wajah internasional.

Belajar pancasila merupakan salah satu alternatif yang sangat kreatif untuk belajar mengenai manusia dan negara dalam satu waktu. Lima sila dalam pancasila membuat para generasi muda bisa menjadi warga negara yang baik, dan juga memahami dasar negara secara utuh.

Ketika telah mengetahui sebuah dasar negara dengan baik, maka para generasi muda tersebut tentu bisa mengimplementasikannya dengan baik dan bijak. Ilmu semacam ini merupakan sebuah pengetahuan dasar yang perlu kamu ketahui dengan segera.

Sebab hal semacam ini tidak akan kamu temukan di ilmu lain. Sebuah ilmu dan praktek yang bisa kamu gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Itulah sebabnya belajar pancasila sangatlah penting bagi kehidupan dan perkembangan warga negara. Sehingga wajib bagi kalian (sebagai warga negara yang baik) untuk belajar dan mengamalkan ajaran pancasila.

Tags: pancasila, belajar, transformasi pendidikan, belajar pancasila, generasi muda.

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag