fbpx
Skip links

Mengenal Sistem Pembelajaran BlendedLearning dan Keunggulannya

Sistem pembelajaran blendedlearning dan keunggulannya yang perlu diketahui agar pembelajaran lebih efektif, efisien, materi lebih beragam, dan bisa disesuaikan dengan tingkat kenyamanan.

Mengenal Sistem Pembelajaran BlendedLearning dan Keunggulannya

Tahukah Anda? Kondisi pandemi selama dua tahun terakhir memberikan dampak perubahan model pembelajaran, dari yang awalnya tatap muka berubah menjadi daring atau online. Perubahan inilah yang sering disebut juga dengan blendedleraning. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait sistem pembelajaran blendedleraning dan keunggulannya, simak penjelasan berikut.

Apa Itu BlendedLearning?

Blendedlearning adalah suatu gabungan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka dan secara virtual. Pembelajaran blendedlearning menggabungkan cara penyampaian, cara mengajar, dan gaya pembelajaran yang berbeda serta ditemukan pada komunikasi terbuka diantara seluruh bagian yang terlibat pelatihan atau pembelajaran.

Blendedlearning memberikan kesempatan belajar dengan baik dari kelas transisi ke e-learning. Sistem ini juga bisa menambah efisiensi untuk kelas instruksi dan memungkinkan peningkatan diskusi atau meninjau informasi di luar ruang kelas.

Pembelajaran dengan sistem blendedlearning dinilai lebih efektif daripada pembelajaran konvensional atau tradisional. Kunci utama keberhasilan pembelajaran daring yaitu adanya kesiapan portal akademik. Dengan portal akademik yang baik tentu materi, tugas, link video, ebook, dan lainnya bisa diakses dengan mudah oleh para pengguna.

Selain efektif, pembelajaran blendedlearning sangat tepat diterapkan saat masa pendemi hingga menuju masa peralihan atau new normal. Ternyata kondisi pendemi yang membuat interaksi fisik lebih beresiko bisa membuat kita untuk terus berkembang dan berusaha menyesuaikan dengan keadaan yang tidak terduga, salah satunya dengan platform merdeka belajar.

Keunggulan Sistem Pembelajaran BlendedLearning

Setelah Anda mengetahui apa itu blendedlearning, berikut beberapa keunggulan blendedlearning yang perlu Anda ketahui:

  1. Lebih efektif dan efisien

Pembelajaran dengan sistem blendedlearning lebih menghemat waktu, biaya, dan memudahkan dalam beraktivitas. Blendedlearning dengan pembelajaran secara daring bisa menghemat biaya transportasi atau biaya lainnya yang biasa dilkeluarkan saat mengikuti pembelajaran secara tatap muka. Sistem ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memiliki kegiatan lain sehingga tidak perlu pergi ke kampus.

  1. Menyesuaikan tingkat kenyamanan

Pembelajaran blendedlearning bisa menyesuaikan siswa atau mahasiswa untuk menentukan posisi belajar yang nyaman. Dengan tingkat kenyamanan yang baik maka akan berdampak baik pula bagi proses pembelajaran sehingga hasilnya lebih maksimal.

  1. Materi lebih beragam

Sistem blandedlearning yang menggabungkan dua metode belajar tentu membuat pengajar maupun pelajar bisa menggunakan materi selain buku, seperti video tutorial, e-book, podcast, maupun media belajar lainnya. Dengan demikian, suasana belajar tentu lebih menarik dan sama-sama menambah wawasan dengan memanfaatkan materi yang lebih beragam.

Itulah sistem pembelajaranblendedlearning dan keunggulannya yang perlu Anda ketahui. Meski demikian, blendedlearning tetap memiliki kelemahan jika tidak didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Oleh karena itu, pastikan fasilitator ataupun tenaga pendidik bisa mengupayakan hal tersebut secara maksimal.

Tags:  sistem pembelajaran, blendedlearning, pembelajaran blendedlearning, merdeka belajar

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag