fbpx
Skip links

Jasa Ki Hajar Dewantara Pada Dunia Pendidikan

Banyaknya jasa pada setiap pahlawan memberikan suatu antusiasme tersendiri pada setiap kalangan khususnya,  jasa ki hajar dewantara mampu membuat sadarnya kalangan muda tentang dunia pendidikan, lalu siapa ki hajar dewantara itu? Kenapa jasanya banyak di akui setiap kalangan khususnya pelajar? Apa tujuannya? Penasaran kan ayo kita bahas

Jasa ki hajar dewantara

Ki hajar dewantara itu suatu tokoh yang mendirikan taman perguruan untuk siswa, dimana taman ini diperuntukkan kepada rakyat jelata yang tidak bisa melanjutkan pendidikan. Ki hajar dewantara itu dilahirkan di yogyakarta pada tanggal 2 mei 1889, dimana pada hari kelahiran ki hajar dewantara ini biasa diperingati sebagai hari pendidikan. Ada beragam jasa ki hajar dewantara yang dapat Anda jadikan pembelajaran jasanya antara lain:

  1. Seorang penggagas asas pada pendidikan

Ki hajar dewantara menggagas berbagai asas yang dikenal dengan panca dharma, yang terdiri dari asas kodrat alam, asas kemerdekaan, asas kebudayaan, kebangsaan, dan kemanusiaan. Dimana transformasi pendidikan sangat dijunjung tinggi demi kemajuan bangsa Indonesia.

  1. Selanjutnya Ki hajar dewantara juga mendirikan perguruan taman untuk siswa

Tujuan didirikan taman ini untuk memfasilitasi para pelajar yang ada di Indonesia dimana menekan kualitas pendidikan pada diri siswa, agar pelajar bangsa Indonesia mencintai bangsa dan tanah air yang ada di Indonesia khususnya.

  1. Berdirinya sebuah komite bumiputera

Komite ini didirikan oleh ki hajar dewantara, tujuan didirikan komite ini adalah sebagai bagian bentuk dari semangat dalam berorganisasi sehingga mampu menunjang keterampilan dan berbagai soft skill yang ada pada diri siswa.

  1. Terciptanya tiga semboyan

Semboyan ini diterapkan oleh ki hajar dewantara dimana untuk menunjukkan keidentikan dalam dunia pendidikan. Semboyan itu antara lain:

  1. Semboyan ing ngarsa sung tuladha

Semboyan ini memiliki arti bahwa seorang pendidik itu berada di depan dan harus mampu memberikan suatu teladan atau menjadi suri teladan yang baik.

  1. Semboyan ing madya mangun karsa

Arti dari semboyan ini adalah bahwa seorang pendidik itu harus berada di tengah-tengah untuk dapat memotivasi para muridnya agar dapat menjalani kehidupan secara produktif dan dapat lebih terampil kedepannya.

  1. Semboyan tut wuri handayani

Artinya jika Anda menjadi seorang pendidik harus mampu selalu mendukung dan memberikan dorongan untuk kemajuan pelajar

Hal di atas adalah jasa ki hajar dewantara dalam dunia pendidikan, terkenal dengan perjuangan dan jasanya dalam memperjuangkan pendidikan, dimana melalui taman siswa yang didirikannya, ki hajar dewantara mampu memadukan pendidikan dari berbagai negara khususnya eropa dan jawa. Hal ini dilakukan agar dunia pendidikan pada kalangan pelajar dapat terus berkembang dan maju.

Tags : Jasa ki hajar dewantara, perjuangan ki hajar dewantara dalam dunia pendidikan.

Leave a comment

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.
Open chat
Explore
Drag